Rabu, 09 Januari 2013

20. Perencanaan SDM


Terdapat berbagai macam pengertian dari perencanaan sumber daya manusia yang didefinisikan oleh para ahli manajemen sumber daya manusia (MSDM), yaitu antara lain sebagai berikut :
 (Wayne F. Cascio, 1995:142) Suatu usaha untuk mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis dan permintaan dari suatu organisasi di masa yang akan datang, dan untuk mempersiapkan para karyawan agar dapat memenuhi kepuasan bisnis dari permintaan tersebut.
(William F. Glueck, 1982:85) Suatu proses di mana manajemen menetukan bagaimana organisasi seharusnya dapat berubah dari posisi yang tetap menjadi posisi yang diinginkan
 (William H. Cunningham, 1996:347) Suatu proses analisis kebutuhan sumber daya manusia dalam suatu organisasi dan pengembangan sebuah program untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi tersebut.
Selain tiga pendapat dari para ahli MSDM tersebut, masih banyak lagi para ahli MSDM lain yang memberikan definisi perencanaan sumber daya manusia atau human resousrce planning tersebut, yang tidak dapat kami paparkan satu persatu di sini, mengingat terbatasnya jumlah halaman makalah yang kami buat. Namun, dari berbagai ahli MSDM itu, dapat ditarik kesimpulan oleh Herman Sofyandi pada bukunya “ Manajemen Sumber Daya Manusia ” bahwa :
“ Perencanaan Sumber Daya Manusia (human resource planning) merupakan fungsi pertama dalam manajemen SDM dan sebagai bagian dari fungsi perencanaan strategis organisasi yang didefinisikan sebagai suatu proses sistematis dan berkesinambungan dalam menentukan kebutuhan SDM di masa depan baik kuantitas maupun kualitas pada waktu yang tepat, posisi yang tepat, melakukan berbagai pekerjaan yang tepat, dalam jangka panjang guna mengantisipasi perubahan lingkungan dan organisasi serta meminimasi biaya dalam rangka pencapaian tujuan individu dan organisasi. “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.