Rencana pemasaran lebih dititik beratkan pada produk/pasar
dan pengembangan strategi dan
program pemasaran yang terinci dengan
baik agar dapat memperoleh
sasaran/tujuan produk dalam pasar. Dengan
kata lain, rencana pemasaran merupakan instrumen terpadu untuk mengarahkan dan memadukan upaya
pemasaran tersebut. Proses perencanaan pemasaran tadi terdiri dari lima
tahapan, yaitu : mengalisis peluang pasar, meneliti dan memilih
pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merencanakan dan
mengorga¬nisasi program pemasaran, melaksankan dan mengendalikan
upaya pemasaran tadi. Masing-masing tahapan ini telah kita bahas dengan
ringkasan dalam bab ini dan akan kita uraikan lebih lanjut dalam bab berikutnya.
Isi dari suatu rencana
pemasaran pada suatu perusahaan dapat berbeda dengan perusahaan lain, namun
paling sedikit harus berisi rangkuman pimpinan, situasi pemasaran saat ini,
analisis peluang dan masalah, sasaran, strategi
pemasaran, program kegiatan, anggaran rugi laba dan
pengendalian. Agar tercapai perencanaan yang efektif,
seorang manajer pemasaran harus
dengan akibat penjualan dan keuntungannya. Hubun¬gan itu tercakup dalam
persamaan keuntungan dan persamaan penjua¬lan. Perencanaan optimum
bagi pengeluaran pemasaran,
bauran pemasaran dan alokasi dana pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.