Guru memiliki peran yang sangat penting dalam
menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Oleh sebab
itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam
meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas
mengajarnya.
Pengorganisasian kelas merupakan aspek pendidikan
yang sering dijadikan perhatian utama oleh para calon guru, guru baru, bahkan
guru yang telah berpengalaman berkeinginan agar para peserta didik dapat
belajar dengan optimal. Dalam arti, guru mampu menyampaikan bahan pelajaran
diserap oleh para peserta didik dengan baik.
Penciptaan harapan seperti itu merupakan kajian dari
Pengorganisasian kelas. Sebab Pengorganisasian kelas merupakan serangkaian
perilaku guru dalam upayanya menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang
memungkinkan para peserta didik mencapai tujuan-tujuan belajarnya secara
efesien atau memungkinkan peserta didik belajar dengan baik.
Di kelaslah segala aspek pembelajaran bertemu dan
berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang
dan potensinya, kurikulum dengan segala komponennya, metode dengan
pendekatannya, media dengan segala perangkatnya, materi dengan segala sumber
belajarnya bertemu dan berinteraksi di dalam kelas. Lebih lanjut hasil
pembelajaran ditentukan pula oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh karena itu,
selayaknyalah kelas diPengorganisasian dengan secara baik, propfesional, terus
menerus dan berkelanjutan.
Untuk sampai pada tujuan yang dimaksud diperlukan
pemahaman akan hal-hal yaitu :
·
pengertian
dan tujuan Pengorganisasian kelas.
·
aspek,
fungsi dan masalah Pengorganisasian kelas.
·
pendekatan
dalam Pengorganisasian kelas.
·
prosedur
Pengorganisasian kelas.
·
serta
rancangan prosedur Pengorganisasian kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.