Kamis, 10 Januari 2013

61. Koordinasi Kekuatan Perusahaan



Suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya memerlukan koordinasi yang baik dan tepat antara pimpinan dan fungsi – fungsi yang ada dalam perusahaan. Fungsi – fungsi tersebut yaitu fungsi pemasaran, fungsi produksi, sumber daya manusia, riset dan pengembangan dan sebagainya. Untuk menghadapi persaingan yang ketat dalam memasarkan produknya setiap perusahaan telah memiliki atau menentukan bauran pemasaran misalnya tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk, menentukan pangsa pasar, menentukan harga jual produk yang terjangkau oleh konsumen dan lain sebagainya.
Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai “Bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan kecap”Ikan Lele” di Pati
Untuk memperjelas, persoalan penelitian yang timbul berkaitan dengan masalah penelitian di atas adalah :
1. Apa bauran pemasaran yang dilajankan perusahaan kecap “Ikan Lele”?
2. Apa faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan Lele” dalam menetapkan bauran pemasaran ?
Penelitian diatas bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran yang dijalankan perusahaan kecap “Ikan Lele” serta untuk mengetahui faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan Lele” dalam menetapkan bauran pemasaran.
Berdasarkan masalah dan persoalan penelitian diatas, maka konsep yang dipakai adalah konsep bauran pemasaran. Variable – variable produk, harga, promosi dan saluran distribusi merupakan sub konsepnya. Sub konsep produk, harga, promosi dan saluran distribusi diukur pada aras ukuran nominal sedangkan konsep bauran pemasaran diukur dengan aras ukuran ratio.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Satuan pengamatannya adalah pemilik perusahaan kecap “Ikan Lele” di Pati sedangkan satuan analisisnya adalah perusahaan kecap “Ikan Lele” di Pati.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Analisis ini didasari oleh pemahaman secara teoritis yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam atas masalah yang diteliti, dengan cara mengumpulkan data dan mengklarifikasi data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya.
Setelah dilakukan penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 
1. Bauran pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan kecap “Ikan Lele” dapat dilihat melalui hal – hal berikut:
a. Produk
Perusahaan kecap “Ikan Lele” hanya memproduksi kecap manis.
b. Harga 
Harga yang ditetapkan perusahaan kecap “Ikan Lele” lebih mahal dari kecap “Bintang”, dan kecap “THG”, serta lebih murah dari kecap “Nasional”, dan kecap “Gentong” dan sama dengan kecap “Tiga Keong”.
c. Promosi
Perusahaan kecap “Ikan Lele” melakukan promosi lewat radio dan personal selling.
d. Saluran Distribusi
Saluran distribusi yang diterapkan oleh perusahaan kecap “Ikan Lele” adalah saluran distribusi tidak langsung dua tingkat yaitu dengan menggunakan perantara agen dan pengecer.
2. factor – factor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan Lele” dalam menetapkan bauran pemasaran yaitu:
a. Produk
Faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan adalah mutu, kemasan, dan merek
b. Harga
Faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan kecap “Ikan Lele” dalam menetapkan harga yaitu biaya yang telah dikeluarkan perusahaan pada saat proses produksi dan harga dari produk pesaing
c. Promosi
Faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan dalam memilih jenis promosinya adalah luas pasar dan target pasar yang ingin dicapai oleh perusahaan
d. Saluran distribusi
Faktor – faktor yang dipertimbangkan perusahaan dalam menentukan jenis saluran distribusinya adalah luas pasar

Suatu penelitian akan mempunyai arti apabila dapat memberikan sumbangan gagasan baik dalam bentuk teoritis maupun secara terapan sehingga dapat dijadikan landasan berpijak bagi penelitian selanjutnya. Implikasi dari penulisan skripsi ini terdiri dari implikasi teoritis dan implikasi terapan.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang sudah dianalisis maka dapat dikemukakan teoritis sebagai berikut: dengan menerapkan bauran pemasaran yang tepat bagi produknya, perusahaan dapat bertahan hidup dan memaksimalkan labanya. Dengan menggunakan faktor – faktor dalam bauran pemasarannya perusahaan dapat menciptakan produknya dari produk pesaingnya.
Berikut ini akan dipaparkan implikasi terapan yang merupakan saran – saran penulis kepada berbagai pihak yang berkepentingan (dalam hal ini adalah perusahaan kecap “Ikan Lele” di Pati) sehubungan dengan strategi yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan bauran pemasaran.
1. Perusahaan hendaknya mengembangkan kerja sama dengan para perantaranya yaitu agen dan pengecer agar mereka lebih bersemangat dalam memasarkan produk perusahaan.
2. Perusahaan perlu meningkatkan kegiatan promosi penjualannya agar penjualan perusahaan dapat meningkat dan pangsa pasar perusahaan terus bertambah.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.