Harga
seperti halnya periklanan, promosi, dan penggunaan tenaga penjualan merupakan
bagian dari alat pemasaran. Harga adalah bagian dari alat pemasaran yang lebih
mudah dan lebih cepat diubah dibandingkan dengan apabila kita mengubah kampanye
periklanan, merombak promosi penjualan, dan mengubah perilaku tenaga penjualan.
Keputusan
harga tidak hanya berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan tetapi juga
berpengaruh terhadap permintaan. Dengan kata lain merubah harga akan
berpengaruh terhadap jumlah barang yang dijual. Bertentangan dengan pentingnya
kehati-hatian dalam penetapan harga, banyak perusahaan tidak memiliki
perencanaan harga. Bahkan sering kali penetapan harga menjadi ajang tarik
menarik antara pemasaran dan para akuntan.
Untuk
menetapkan kebijakan harga yang masuk akal, perusahaan harus terlebih dahulu
memiliki sistem pembiayaan yang akurat yang benar-benar mencerminkan situasi
perusahaan. Bila kebijakan perusahaan adalah untuk menghasilkan keuntungan
jangka pendek, maka perusahaan harus menerapkan kebijakan harga awal yang
tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.